Jum’at, 15 Oktober 2021 lalu telah diselenggarakan webinar hasil kolaborasi antara Teknik Geomatika ITERA dengan Himpunan Mahasiswa Geomatika ITERA dari Program Kerja “PASSION HMG” Departemen Eksternal. Webinar yang diadakan mengangkat tema “Penggunaan Teknologi Lidar dalam Optimalisasi Percepatan Pemetaan di Indonesia”. Webinar ini turut mengundang bapak Putranto S.B Wardhana, S.T sebagai narasumber yang memiliki kedudukan sebagai Product Manager dari PT. Sonar Nusantara Utama serta dipandu oleh Rainaldy Husein selaku Moderator dari acara ini.

Narasumber menjelaskan terkait dengan pemetaan ilmu survey lidar untuk pemetaan, pengertian lidar dan bagaimana cara lidar bekerja, metode pengukuran dengan lidar, aplikasi dengan ilmu survey pemetaan, perbandingan survey lidar dengan survey terestris, tantangan dan keuntungan dari teknologi lidar, sampai berbagai studi kasus dari beberapa project yang telah dilakukan, seperti: Survey Tol Indrapura – Kisaran (Sumatera Utara); Survey Tol Surabaya – Gresik (Jawa Timur); Survey Topografi di Sungai Walamba dan Manado.

Acara ini dimulai dari menyanyikan lagu Indonesia Raya yang diikuti oleh seluruh peserta webinar dengan khidmat, kemudian dilanjutkan dengan kata sambutan dari Dr. Ir. Irdam Adil, M.T., selaku Koordinator Program Studi Teknik Geomatika ITERA, yang kemudian dilanjutkan dengan kata sambutan dari Tomy Purwanto selaku Ketua Himpunan Geomatika ITERA 2021/2022, paparan dari narasumber, kemudian dilakukan sesi tanya jawab, dan ditutup dengan sesi games dan dokumentasi.

Harapannya dengan terlaksananya webinar ini, dapat memberikan informasi kepada peserta webinar terkait dengan teknologi lidar, serta kiranya dapat membangun relasi baru antar rekan geodesi.

Dokumentasi Acara

Penyerahan Sertifikat kepada Narasumber